Apa Itu Musikalisasi Puisi?

Hai para KERLIPers, apakah sebenernya definisi MUSIKALISASI PUISI itu?
Musikalisasi Puisi, terdiri dari 2 kata dasar yaitu Musik dan Puisi. Untuk itu, mari kita lihat dulu apa pengertian Musik dan Puisi.

Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang. Definisi sejati tentang musik juga bermacam-macam:
  • Bunyi/kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengar
  • Suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya.
  • Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik
Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali.
Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.

Puisi (dari bahasa Yunani kuno: ποιέω/ποιῶ (poiéo/poió) = I create) adalah seni tertulis di mana bahasa digunakan untuk kualitas estetiknya untuk tambahan, atau selain arti semantiknya.
Penekanan pada segi estetik suatu bahasa dan penggunaan sengaja pengulangan, meter dan rima adalah yang membedakan puisi dari prosa. Namun perbedaan ini masih diperdebatkan. Beberapa ahli modern memiliki pendekatan dengan mendefinisikan puisi tidak sebagai jenis literatur tapi sebagai perwujudan imajinasi manusia, yang menjadi sumber segala kreativitas. Selain itu puisi juga merupakan curahan isi hati seseorang yang membawaa oraang lain kedaalam keaadaan hatinya.
Baris-baris pada puisi dapat berbentuk apa saja (melingkar, zigzag dan lain-lain). Hal tersebut merupakan salah satu cara penulis untuk menunjukkan pemikirannnya. Puisi kadang-kadang juga hanya berisi satu kata/suku kata yang terus diulang-ulang. Bagi pembaca hal tersebut mungkin membuat puisi tersebut menjadi tidak dimengerti. Tapi penulis selalu memiliki alasan untuk segala 'keanehan' yang diciptakannya. Tak ada yang membatasi keinginan penulis dalam menciptakan sebuah puisi. Ada beberapa perbedaan antara puisi lama dan puisi baru
Namun beberapa kasus mengenai puisi modern atau puisi cyber belakangan ini makin memprihatinkan jika ditilik dari pokok dan kaidah puisi itu sendiri yaitu 'pemadatan kata'. kebanyakan penyair aktif sekarang baik pemula ataupun bukan lebih mementingkan gaya bahasa dan bukan pada pokok puisi tersebut.
Didalam puisi juga biasa di sisipkan majas yang membuat puisi itu semakin indah. Majas tersebut juga ada bemacam, salah satunya adalah sarkasme ya itu sindiran langsung dengan kasar.
Dibeberapa daerah di Indonesia puisi juga sering di nyanyikan dalam bentuk pantun. mereka enggan atau tak mau untuk melihat kaidah awal puisi tersebut.


LALU, APA ITU MUSIKALISASI PUISI?
Musik Puisi adalah genre seni dalam seni pertunjukkan yang merupakan hasil kolaborasi antara penyajian puisi dan musik.
Belum ada kesepakatan atau konvensi resmi mengenai definisi musik puisi, meskipun begitu, musik puisi telah cukup lama eksis di dunia sastra dan seni Indonesia.
Musik Puisi bisa dibedakan menjadi 3 (tiga) kategori:
  1. Musikalisasi Puisi: puisi yang disajikan secara musikal
  2. Lagu Puisi: puisi yang dilagukan
  3. Pembacaan Puisi dengan Iringan Musik
nah, ini dia para Tokoh-tokoh Musik Puisi Indonesia:
 
Emha Ainun Nadjib dan Kyai Kanjeng, menyajikan puisi-puisi karya Emha Ainun Nadjib

Freddy D. Arsie dan Sanggar Matahari, menyajikan puisi-puisi karya beberapa penyair Indonesia

 
Ebiet G. Ade, menyajikan puisi-puisi karya Emily Dickinson dan penyair-penyair Indonesia



    Pada tahun 2008 didirikanlah Komunitas Musik Puisi Indonesia (KOMPI) yakni organisasi yang beranggotakan para penyaji musik puisi di Indonesia yang bertujuan untuk menjalin kerjasama antara para penyaji musik puisi dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk di JAMBI.

    "sumber : wikipedia"


    Sudah mengertikan KERLIPers? jadi, mari kita bersama-sama berkarya, berkreativitas menciptakan sebuah karya, terutama untuk kategori MUSIKALISASI PUISI yang beberapa tahun ini telah sama-sama kita tekuni.



    -"Satukan Hati Satukan Jiwa Satukan Cipta"-

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar